Berita

Jemput Bola! Capil Kota Kendari, Rekam KTP-EL Kerumah Lansia

Posted on 2021-08-21 By.Admin Category:Capil Kota


Ket Foto: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kendari Saat Melakukan Perekaman Di Rumah Warga Lansia Kelurahan Sambuli

Disdukcapilkendari - Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) melakukan kegiatan jemput bola perekaman kartu tanda penduduk elektronik (KTP-e) Pada warga lansia Kelurahan Sambuli, Jumat (20/8/2021).

Di dampingi sekretarisnya Kepala Dinas Dukcapil Kota Kendari Iswanto mengatakan, Kegiatan tersebut dalam rangka meningkatkan pelayanan Administrasi kependudukan kepada warga Kota Kendari terkait kepemilikan KTP termasuk pada lansia dampingan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Bagansiar yang belum memiliki dokumen identitas penduduk (KTP-el) yang terkendala karena usia dan sakit.

"Berdasarkan arahan Bapak Wali Kota untuk melakukan percepatan perekaman, kami melalui program menyapa warga, bergerak melakukan jemput bola untuk melakukan perekaman KTP di rumah, salah satunya lansia yang tidak bisa mengakses via online karena kondisi kesehatanya kurang memungkinkan,” ungkapnya.

"ini merupakan bentuk perhatian dan kepedulian Wali Kota Kendari untuk memudahkan warga yang mengalami keterbatasan mendapatkan kartu identitas,"tambahnya.

Lebih lanjut Kadis Dukcapil mengatakan, Jika ada warga dengan keterbatasan untuk mengakses perekaman KTP-el, seperti sakit atau hal lainnya yang tidak memungkinkan untuk melakukan perekaman bisa melaporkan kepada disdukcapil.

"Hal ini penting dilakukan agar masyarakat dapat memiliki kartu identitas yang juga merupakan hak dasar sipil sehingga mereka dapat mengakses program pemerintah seperti bantuan sosial dan yang lainnya. Sehingga Alhamdulillah dengan dicetak KTP elektroniknya ini Insyaallah akan terkoneksi dengan data di dinas sosial dan dinas terkait lainnya,”ungkapnya.

Kadis Capil berharap, agar masyarakat Kota Kendari utamanya penduduk lansia yang belum memiliki KTP-el karena keterbatasan fisik agar segera melaporkan permohonan perekaman KTP-el ke disdukcapil baik melalui tingkat RT/RW dan kelurahan.

"Untuk warga yang domisili di Kota Kendari dan memiliki KTP luar daerah untuk segera bisa melakukan penggantian KTP. Tidak harus pulang ke daerah asal, kami akan fasilitasi warga mengurus surat pindahnya disini, sehingga warga bisa segera mengganti KTP tanpa syarat,” Tegasnya.

Sementara Sekretaris Dikdukcapil Kendari, Sulkarnain menjelaskan, sebanyak 83 lansia yang difasilitasi oleh LKS Bagansiar untuk mendapatkan program Atensi LRSLU Minaula Kendari.

"Lansia yang telah memiliki NIK online ada 33 orang. 47 orang lainya belum online NIK dan sudah di online kan oleh Disdukcapil pada hari Rabu (18/8/2021 lalu.

“Alhamdulillah sisa 3 orang warga lansia dalam proses perekaman KTP-EL dirumahnya yakni kelurahan Sambuli, Gunung Jati dan Baruga karena kondisi tidak bisa berjalan dan sakit, yaitu di kelurahan Sambuli, Gunung Jati dan Baruga,” terangnya. (CDS)


Share Berita

Komentari Berita


Link Terkait