Berita

Bikin KTP Lewat Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), Caranya Mudah Kok

Posted on 2019-12-04 By.Admin Category:Kemendagri


Ket Foto: https://digilife.uzone.id/bikin-ktp-lewat-mesin-anjungan-dukcapil-mandiri-adm-caranya-mudah-kok

Kaum milenial yang biasanya sebal sama yang namanya birokrasi di pemerintahan kini dimanjakan dengan hadirnya mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) untuk melayani masyarakat mencetak data kependudukan macam Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), dan Akte Kematian.

Jadi, mesin ADM ini semudah uzoners ngambil uang di Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Dilansir detik, Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrullah telah memberitahu bagaimana cara mencetak KTP lewat ADM saat jumpa pers di Hotel Discovery, Ancol, Jakarta Utara, Senin (25/11/2019).

Untuk mencetak data kependudukan, uzoners harus daftar ke kantor Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) untuk mendapatkan Personal Identification Number (PIN).

Uzoners menyerahkan nomor ponsel agar nantinya bisa dikirim notifikasi pemberitahuan nomor kode atau QR Code untuk mencetak KTP.

Setelah itu, masyarakat bisa memasukkan PIN yang didapat di mesin ADM. Kemudian, data kependudukan bisa dicetak. Oya, PIN tersebut cuma bisa dipakai untuk sekali cetak.

Sumber : Uzone.id


Share Berita

Komentari Berita


Link Terkait